Bacaan Doa Naik Kendaraan Lengkap Dengan Arab Latin dan Artinya

Kategori │doa

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman kali ini admin akan menuliskan doa naik kendaraan lengkap dengan arab latin dan artinya. Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya berbagai jenis kendaraan. Diantaranya ada sepeda, becak, dokar, delman, kuda, keledai, untan, perahu, sepeda, motor, mobil, bus, kereta api, pesawat terbang, kereta api, kapal laut, helikopter , truk, dan sebagainya. Sangat bermacam-macam di dunia ini. Bahkan mungkin kita belum mengenal dan mengetahui semuanya. Masing-masing tempat pun beda. Dalam arti ada sebuah tempat yang cocok menggunakan sepeda onthel karena daerah dataran. Namun di lain tempat tidak pas karena wilayahnya bergunung-gunung.

Untuk jarak yang jauh tentu saja menggunakan kendaraan yang memadai. Misalnya saja orang pergi menuju Makkah dan Madinah untuk beribadah haji maupun umrah dari negara Indonesia. Tak mungkin bila menggunakan sepeda motor, mobil, dan kereta api. Akan lebih cocok bila naik pesawat terbang. Menggunakan kapal laut pun kini sudah tidak banyak dilakukan. Waktu tempuh dengan memakai kapal laut bisa menghabiskan lebih dari dua puluh lima hari. Bahkan dalam satu bulan baru sampai di tujuan. Akan tetapi jika menaiki pesawat terbang maka cukup sekitar delapan jam sudah sampai. Jadi sangat efesien. Apalagi orang di zaman sekarang yang memiliki tingkat kesibukan yang luar biasa. Orang bepergian sekeluarga pun menggunakan mobil, bus dan minibus lebih nyaman. Bahkan pada malam hari saja bisa melanjutkan perjalanan. Di dalam kendaraan mobil atau bus pun kini sudah sangat nyaman dan menyenangkan. Ada fasilitas AC dan wifi gratis yang memanjakan orang yang menumpangnya.

Kita yang mendapatkan kemudahan fasilitas seperti ini patut bersyukur. Ini merupakan bagian dari nikmat Allah Swt. kepada hamba-Nya. Jika kita bersyukur maka akan ditambah kenikmatan ini. Salah satu cara bersyukur yakni dengan membaca doa naik kendaraan. Berikut kita simak doanya.
Untuk kendaraan laut membaca doa :
bacaan doa naik kendaraan majreha
Latinnya :
BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA RABBII LAGHAFUURUR RAHIIM.
Artinya :
"Dengan menyebut nama Allah yang menjalankan ini (kendaraan) berlayar dan juga berlabuh sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pemaaf Lagi Maha Pengasih".

Untuk naik kendaraan secara umum :
bacaan doa naik kendaraan
Latinnya :
(saat menaikkan kaki di kendaraan)
BISMILLAH, BISMILLAH, BISMILLAH
(ketika telah berada di kendaraan)
ALHAMDULILLAH, SUBHAANAL-LADZII SAKH-KHARA LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA RABBINAA LAMUNG QALIBUUN, ALHAMDULILLAH, ALHAMDULILLAH, ALHAMDULILLAH, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, SUBHAANAKA INNI QAD ZHALAMTU NAFSII, FAGHFIRLII FA-INNAHU LAA YAGHFIRUDZ-DZUNUUBA ILLA ANTA.
Artinya :
(saat menaikkan kaki di kendaraan)
Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah
(ketika telah berada di kendaraan)
Segala puji bagi Allah, Maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini (kendaraan) bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku telah menzhalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau.

Atau membaca doa :
bacaan doa naik kendaraan
latinnya :
SUBHAANAL-LADZII SAKH-KHARA LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA RABBINAA LAMUNG QALIBUUN.
Artinya :
" Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Atau membaca :
bacaan doa naik kendaraan
Latinnya :
BISMILLAH, ALHAMDULILLAH, SUBHANALLADZI SAKH-KHARA LANAA HADZA WA MAA KUNNA LAHU MUQRINIIN. WA INNA ILAA ROBBINA LAMUN-QALIBUUN. ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH ALHAMDULILLAH. ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR SUBHAHAANA KALLAHUMMA INNI ZHALAMTU NAFSII FAGH FIRLII FA INNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA.
Artinya :
“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah Segala puji bagi Allah Maha Suci Engkau, ya Allah, Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Bentuk syukur ketika seseorang mendapatkan nikmat Allah Swt ialah lisannya mengucap tahmid atau kalimat hamdalah. Kendaraan yang kita pilih tunduk pada kita sebagai pengendalinya. Untuk mobil adalah sopirnya, untuk sepeda motor ialah pengendaranya, untuk pesawat ialah pilotnya, untuk kereta api adalah masinisnya, untuk kapal adalahh nahkodanya. Ini juga nikmat Allah Swt. Supaya selamat dalam berkendaraan maka kita juga harus berusaha. Tak hanya berdoa saja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :
1. Melakukan pemeriksaan secara berkala atas kendaraan tersebut. Terutama kendaraan pribadi. Baik itu sepeda motor maupun mobil. Kalau kendaraan itu milik instansi dan perusahaan tentu sudah ada sistem tersendiri yang standar dalam perawatannya.
2. Melengkapi diri dengan pengaman yang sesuai petunjuk. Bila mana kita naik sepeda motor maka hendaklah memakai helm yang standar nasional Indonesia (SNI). Tidak lupa memakai jaket. Kalau berkendara di musim hujan maka sebaiknya menyiapkan jas hujan atau mantol.
3. Menaati peraturan lalu lintas di jalan raya. Banyak kita saksikan baik itu mobil atau motor tidak mengindahkan aturan. Misalnya : melaju dengan kecepatan tinggi padahal di situ sudah diberi rambu-rambu untuk berjalan pelan-pelan saja, menerobos lampu merah di perempatan atau pertigaan, dan menerjang palang pintu rel kereta api. Ini sangat berbahaya bagi diri mereka sendiri atau orang lain. Seorang muslim yang baik tidak merugikan diri sendiri dan oran lain.
4. Membawa surat-surat kendaraan yang dipersyaratkan .
Sampai di sini dulu kita lanjutkan pada pembahasan yang lainnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

  • Artikel (doa)dari kategori yang sama


    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Bacaan Doa Naik Kendaraan Lengkap Dengan Arab Latin dan Artinya
      Komentar(0)