Macam Bacaan Istighfar Setelah Sholat Lengkap Dengan Artinya

Kategori │doa

Ada beberapa macam bacaan istighfar setelah sholat lengkap dengan artinya yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. Dalam sebuah riwayat hadits Rasulullah membaca istighfar hingga 100 kali dalam sehari. Bunyi hadis tersebut ialah “Tidaklah aku berada di pagi hari kecuali aku beristigfar kepada Allah sebanyak 100 kali.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dan al-Thabrani). Nabi Saw yang sudah dijamin masuk surga saja banyak istighfar setiap hari. Tentunya, bagi kita sebagai orang biasa mestinya lebih banyak lagi. Karena kita tahu begitu banyak dosa yang telah dilakukan. Manusia pun sering melakukan kesalahan dalam kehidupannya. Maka, memohon ampun atas dosa yang dilakukan merupakan tindakan dan langkah yang paling baik. Doa dan bacaan istighfar antara lain :
1.
Bacaan Istighfar Pertama

RABBIGHFIRLII
artinya :
Tuhanku, ampunilah aku


2.
Bacaan Istighfar Kudua

"ALLAAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA"
artinya :
”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau”


3.
Bacaan Istighfar Ketiga

“ASTAGHFIRULLAH.”
artinya :
"Aku memohon ampun kepada Allah"

4.
Bacaan Istighfar Keempat

ASTAGHFIRULLAAHA WA ATUUBU ILAIHI
Artinya :
“Aku memohon ampunan kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya”.


5.
Bacaan Istighfar Kelima

ASTAGHFIRULLAAHA ALLADZI LAA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI
Artinya :
Aku memohon ampun kepada Allah Yang tidak ada Tuhan (Yang berhak disembah) selain Dia Yang Maha Hidup Lagi Maha berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya”

Itulah antara lain beberapa bacaan istighfar yang bisa kita amalkan. Semakin banyak kita membacanya maka akan semakin baik untuk kehidupan kita. Ampunan dari dosa akan kita peroleh. Sehingga kebahagiaan bisa kita dapatkan dalam hidup ini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semua.


  • Artikel (doa)dari kategori yang sama


    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Macam Bacaan Istighfar Setelah Sholat Lengkap Dengan Artinya
      Komentar(0)