Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Kategori │doa

Hampir setiap orang di zaman ini telah mengenyam dunia pendidikan. Dari anak-anak yang usia tiga tahun saja sudah masuk ke penitipan anak. Di sana bukan sekedar penitipan, tetapi sudah diajari kebiasaan hidup yang baik. Setidaknya, belajar cara makan, cara minum, hingga buang air kecil dan besar di toilet atau WC. Setelah menginjak usia TK dan SD (Sekolah Dasar) atau MI (Madrasah Ibtidaiyah), mulailah anak itu diajari cara membaca doa dalam aktivitas sehari-hari, membaca Al Quran, bagaimana akhlak yang baik terhadap orang tua, guru, dan siapa saja. Tahap pendidikan selanjutnya di tingkat SMP atau MTs (Madrasah Tsanawiyah) yang tentunya bahan pelajarannya lebih banyak lagi. Semisal sampai pada ilmu fiqih, sejarah Islam, al Quran dan Hadits. Pada tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas)/ SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)/ MA (Madrasah Aliyah) bahan pelajarannya semakin banyak dan kompleks. Ini baru ilmu pendidikan agama Islam. Selanjutnya, pendidikan di perguruan tinggi. Belum ilmu yang lainnya. Misalnya sains, bahasa, dan ketrampilan-ketrampilan yang kalau dirinci banyak sekali. Ini baru pendidikan yang dilakukan di jenjang formal. Masih banyak media pendidikan yang di luar dari tingkatan tadi. Misalnya saja ada TPA atau TPQ (Taman Pendidikan al Quran) yang jumlahnya tak terhitung di seluruh nusantara. Pendidikan memang tak hanya disebut sebagai atau identik dengan sekolah. Demikian pula dengan belajar. Aktivitas yang satu ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ada sebuah adab yang terpenting untuk setiap kita mulai belajar. Tidak lain hal itu adalah berdoa terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan supaya ilmu yang kita peroleh mendapat keberkahan dari Allah Swt. Ilmunya pun menjadi bermanfaat di dunia dan akhirat kelak. Nah, lafaz doa sebelum belajar itu adalah antara lain sebagai berikut :

Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Latin dan Artinya


ALLAAHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH'ALAINAA BIMA'RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL- LIKA YA ARHAMAR RAAHIMIIN

Artinya:
"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang."


Doa tersebut termasuk pendek dan mudah sekali dihafal. Semoga memberi manfaat untuk para pembaca.



  • Artikel (doa)dari kategori yang sama


    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Latin dan Artinya
      Komentar(0)