Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Sering Dibaca

Kategori │doa

Doa iftitah hukumnya sunah dalam sholat. Namun begitu, kita tidak boleh menganggap enteng amalan sunah. Kalo kita mengerjakannya kita mendapat tambahan pahala. Akan tetapi jika kita meninggalkannya maka tidak berdosa namun kita rugi. Mengapa? Sebab ada peluang pahala dari perbuatan amal sholeh yang bisa kita raih, namun hilang begitu saja. Kemudian muncul pertanyaan. Bagaimana bacaannya? Teman-teman yang berbahagia. Di sini saya akan berbagi tentang doa iftitah. Bacaan ini dibaca setelah melakukan takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Al Fatihah, hanya pada rakaat pertama saja.

Doa iftitah yakni :

Doa Iftitah Dalam Sholat


Allaahumma baa'id bainii wabaina khathaayaaya kamaa baa'adta bainal-masyriqi wa maghrib. Allaahumma naqinii min khataayaaya kamaa yunaqats tsaubul-abyadhu minad-danas. Allaahumaghsilnii min khathaayaaya bil-maa'i wats-tsalji wal-barad.

Artinya :
“Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dan kesalahan- kesalahanku, sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air dan air es”.

Sedari kecil kita melaksanakan ibadah sholat. Barangkali bila kita kurang lancar membacanya, maka dengan sering membaca lama-lama akan semakin bagus. Hafalan kita pun juga semakin kuat. Apabila kita tidak bisa berbahasa Arab, dengan kita membaca artinya, kita akan tahu maksudnya. Di dalam doa iftitah tersebut, ada sebuah doa agar kita dijauhkan dari kesalahan sebagaimana antara timur dan barat. Dosa kita dibersihkan seperti kain yang putih. Dengan memahami maksudnya, tentu saja memudahkan untuk khusyu tatkala kita shalat. Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi para pembaca dan teman-teman.


  • Artikel (doa)dari kategori yang sama


    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Sering Dibaca
      Komentar(0)