Doa Sujud Tilawah Lengkap Dengan Artinya

Kategori │doa

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Rutinitas harian tiap insan memang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Sebagian waktu digunakan untuk belajar, ada yang dipakai untuk mencari nafkah atau bekerja, ada yang dipakai untuk mengurusi keluarga, dan lain sebagainya. Semua kegiatan rutin memang sudah menjadi makanan harian. Meski ada di hari-hari tertentu ritme atau bentuk kegiatan rutinitas itu berbeda atau berubah dari pada hari yang biasanya. Tetap saja hidup selalu diisi dengan aneka rutinitas.

Di samping berbagai rutinitas kehidupan itu, mestinya pula kita tidak boleh sampai mengesampingkan ibadah. Jangan sampai dengan begitu sibuknya rutinitas harian tersebut sampai melupakan kewajiban kita sebagai hamba Allah subhanahu wa ta'ala. Banyak sekali bentuk ibadah itu. Dari shalat, zakat, puasa, haji, umrah, sedekah, wakaf, sedekah, menolong orang miskin, dan lain sebagainya. Salah satu bentuk ibadah itu ialah membaca ayat-ayat suci Al-Quran. Orang sering menyebutnya sebagai kegiatan tadarus.

Di dalam Al-Quran itu terdapat seratus empat belas surat. Jumlah ayatnya lebih dari enam ribu. Ketika kita membacanya maka kita akan mendapat banyak pahala dari Allah. Maka sangat dianjurkan untuk selalu menjadwalkan diri dalam tiap hari ada waktu untuk membacanya. Kami yakin, diantara hari-hari kita itu ada waktu yang luang. Waktu yang dimana tidak dipakai untuk kegiatan rutinitas harian. Bila kita memang terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan, atau yang lainnya. Maka mendisiplinkan diri menjadi hal yang mesti dilakukan.

Di dalam Al-Quran terdapat beberapa ayat yang disebut sebagai ayat sajdah atau ayat sajadah. Ada lima belas ayat yang termasuk di dalamnya. Berikut ini daftar lengkap ayatnya.
1. Surat Al-'Araf ayat 206.
2. Surat Ar-Ra'd Ayat 15.
3. Surat An-Nahl Ayat 50.
4. Surat Al-Isra' Ayat 109.
5. Surat Maryam Ayat 58.
6. Surat Al-Hajj Ayat 18.
7. Surat Al-Hajj Ayat 77.
8. Surat Al-Furqan Ayat 60.
9. Surat An-Naml Ayat 26.
10. Surat As-Sajdah ayat 15.
11. Surat Shad Ayat 24.
12. Surat Fussilat Ayat 38.
13. Surat An-Najm Ayat 62.
14. Surat Al-Insyiqaq Ayat 21.
15. Surat Al-'Alaq Ayat 19.

Tatkala kita membaca Al-Quran dan kemudian bertemu dengan ayat-ayat di atas maka ada hal yang disunahkan untuk melakukannya. Tiap orang yang membaca ayat sajdah maka disunahkan untuk melakukan sujud tilawah. Gerakan sujudnya persis ketika kita sujud di dalam shalat wajib yang biasa kita lakukan itu. Yakni dengan posisi kepala lebih rendah dari pada perut, dahi ditempelkan ke lantai, kedua telapak tangan diletakkan di lantai, kedua lengan diangkat sehingga jauh dari perut, lutut juga ditempelkan di lantai dan ujung dua kaki menyentuh lantai. Begitulah caranya.

Sujud ini bisa dikerjakan saat di dalam shalat atau di luar shalat. Maksudnya begini. Tatkala kita shalat dan membaca ayat-ayat al-Quran yang ada ayat sajdahnya maka kita tetap bisa melakukan sujud tilawah. Namun, ketika di dalam shalat berjamaah saat kita menjadi seorang imam maka alangkah baiknya memberitahukan terlebih dahulu kepada para jamaah. Mengapa demikian? Sebab sangat mungkin diantara para jamaah yang ikut shalat itu tidak atau belum mengetahui tentang sujud tilawah secara umum atau sudah tahu tentang sujud tilawah tetapi tidak mengetahui bagaimana melakukannya saat sedang shalat. Sikap bijak kita akan sangat bermanfaat bagi para jamaah. Bilamana tidak disampaikan seperti itu kepada jamaah. Lantas seorang imam langsung saja shalat dan di kala setelah membaca Surat al-Fatihah lalu membaca ayat yang ada sujud tilawah kemudian langsung melakukan sujud tilawah. Pada saat yang sama para makmum ada yang bingung. Ada pertanyaan di dalam hati mereka, " ini kok belum rukuk malah sudah langsung sujud, apa sang imam lupa ya? " Gelisah dan tidak khusyu jadinya. Tentu hal ini tidak kita inginkan.

Di samping mengetahui tata cara mengerjakan sujud tilawah. Kita pun perlu mengetahui bacaannya juga. Maksud kami adalah doa saat melakukan sujud tilawah. Karena hal ini pun juga sama pentingnya dengan gerakannya. Baiklah, mari kita simak bacaan doanya berikut ini:

PERTAMA
doa sujud tilawah

Latinnya :
SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SYAQQA SAM'AHU WA BASHARAHU BI HAULIHI WA QUWWATIH.
Artinya :
Bersujud wajahku kepada Dzat yang menciptakannya, yang membuka pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya.

atau bisa membaca yang KEDUA :
doa sujud tilawah latin dan artinya

Latinnya :
SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SYAQQA SAM'AHU WA BASHARAHU BI HAULIHI WA QUWWATIH. FA TABAARAKALLAAHU AHSANUL KHAALIQIIN.
Artinya :
Bersujud wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya, Maha suci Allah sebaik-baik Pencipta.

Bacaannya tidak panjang. Mudah untuk dihafalkan. Dalam isi doa tersebut kita mengakui kebesaran Allah subhanahu wa ta'ala. Dialah yang menciptakan pendengaran dan penglihatan. Tidak ada kekuatan terkecuali dari pertolongan Allah. Dengan membaca doa ini maka tidak hanya gerakannya saja yang kita amalkan. Tetapi doanya pun kita telah amalkan. Luar biasa tentu pahala yang kita dapatkan nantinya. Semoga apa yang kami tuliskan ini akan bermanfaat kepada teman-teman pembaca semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
https://poskajian.blogspot.com/2019/07/doa-sujud-tilawah-lengkap-latin-artinya.html

  • Artikel (doa)dari kategori yang sama
    Doa I'tidal Dalam Shalat
    Doa I'tidal Dalam Shalat(2020-01-22 07:55)



    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Doa Sujud Tilawah Lengkap Dengan Artinya
      Komentar(0)