Doa I'tidal Dalam Shalat

Kategori │doa

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Tiap kali mengerjakan ibadah shalat kita mesti membaca doa itidal dengan khusyuk. Baik itu shalat yang wajib maupun yang sunah. Sebelum kita membahasnya lebih jauh. Boleh kan kami ceritakan sedikit tentang kondisi udara saat kami tulis artikel ini. Sebelum subuh memang udaranya lumayan dingin. Seperti yang kami rasakan saat ini. Hampir belum pernah kalau waktu sebelum subuh itu udaraya panas atau hangat. Tetap saja dingin. Entah itu di musim penghujan maupun kemarau. Kebanyakan manusia memang memulai aktivitas kehidupannya dari waktu shalat subuh ini. Mereka yang bekerja di daerah perkotaan tidak jarang berangkat bekerjanya saat sudah selesai melaksanakan shalat subuh. Terkadang malah ada juga yang kurang dari itu berangkat kerjanya. Pada pukul dua atau tiga dini hari ada yang sudah mulai berangkat beraktivitas. Kita lihat seorang pedagang sayur yang berjualan di pasar tradisional.

Sebagai seorang muslim, waktu adzan shalat subuh menjadi pertanda kita untuk segera bangun dari peraduan. Bangkit dan berjalan mengambil air wudhu. Lalu menuju ke masjid untuk menunaikan ibadah shalat subuh secara berjamaah. Seperti ini mestinya menjadi rutinitas yang selalu dikerjakan tiap hari. Selama hayat dikandung badan maka tidak selayaknya hal itu ditinggalkan. Akan lebih baik lagi bila sebelum waktu datangnya shalat subuh sudah bangun tidur. Memulai aktivitas dengan shalat malam terlebih dahulu. Semakin mantaplah hidup kita.

Kembali kepada fokus pembahasan kita yakni tentang bacaan yang ada di dalam ibadah shalat. Memang banyak sekali macamnya. Akan tetapi pada kesempatan yang baik ini kami bahas salah satunya saja. Kita akan membahas tentang bacaan doa i'tidal di dalam shalat secara lengkap baik itu tulisan arabnya, latinnya, dan juga terjemahannya di dalam bahasa Indonesia. Ketika kita sudah selesai dari ruku' maka kita bangkit berdiri secara sempurna. Itulah yang dinamakan i'tidal. Nah, saat i'tidal itu kita membaca suatu lafazh. Mengenai bacaanya ada beberapa macam. Ada lebih dari satu yang jelas. Berikut adalah beberapa macam doa saat itidal tersebut.

BACAAN I'TIDAL YANG PERTAMA
Doa Itidal Dalam Shalat
Latinnya :
RABBANAA LAKAL HAMDU
Artinya :
Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji.

BACAAN I'TIDAL YANG KEDUA
Doa Itidal Dalam Shalat
Latinnya :
RABBANAA WA LAKAL HAMDU
Artinya :
Wahai Tuhan kami, dan bagi-Mu lah segala pujian.

BACAAN I'TIDAL YANG KETIGA
Doa Itidal Dalam Shalat
Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA LAKAL HAMDU
Artinya :
Ya Allah, Tuhan kami, bagi-Mu segala puji.

BACAAN I'TIDAL YANG KEEMPAT
Doa Itidal Dalam Shalat
Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBANAA WA LAKAL HAMDU
Artinya :
Ya Allah, ya Tuhan kami, dan bagi-Mu segala puji.

BACAAN I'TIDAL YANG KELIMA
Doa Itidal Dalam Shalat
Latinnya :
RABBANAA WA LAKAL HAMDU HAMDAN KATSIIRAN THAYYIBAN MUBAARAKAN FIIH.
Artinya :
Ya Tuhan kami, dan bagi-Mu segala puji, dengan pujian yang banyak, yang baik, yang ada barakah di dalamnya.

BACAAN I'TIDAL YANG KEENAM
Doa Itidal Dalam Shalat

Latinnya :
RABBANAA LAKAL HAMDU MIL 'AS SAMAAWATI WA MIL 'AL ARDHI WA MIL 'AMAASYI'TA MIN SYAI'IN BA'D.
Artinya :
" Wahai tuhan kami, hanya untuk-Mu lah segala puji, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki sesudahnya."

Adanya macam-macam lafazh doa tersebut menjadikan kita punya pilihan yang banyak. Kita boleh membaca salah satu diantaranya. Di saat sembari berdiri kita pun membaca bacaan :
Doa Itidal Dalam Shalat
Latinnya :
SAMI'ALLAAHU LIMAN HAMIDAH
Artinya :
"Allah Maha Mendengar terhadap orang yang memuji-Nya."

Di dalam shalat berjamaah maka biasanya sang imam mengeraskannya. Sehingga para makmum dapat mendengarnya dengan jelas lafazh itu. Dari arti bacaan doa i'tidal di atas sangatlah jelas bahwasannya kita sebagai seorang hamba hendaknya mengagungkan dan banyak memuji kebesaran Allah subhanahu wa ta'ala. Inilah pentingnya mempelajari arti dari bacaan shalat. Apa jadinya bila kita tidak tahu artinya. Sekedar mengucapkannya saja tentu banyak yang bisa dan telah melakukannya. Namun, tatkala ditanya apa artinya bacaan yang dibaca itu. Maka tidak sedikit yang belum tahu sama sekali. Inilah pentingnya belajar tentang suatu ilmu. Kita akan memperoleh manfaat dan hikmah yang banyak sekali. Saat kita sudah tahu akan artik dari suatu bacaan shalat. Dalam hal ini adalah doa saat i'tidal itu. Maka untuk menjadikan shalat lebih khusyuk pun akan lebih mudah. Saat shalat kita sudah khusyuk maka kualitas kehidupan juga akan semakin baik. Sedang di akhirat nanti pun masalah shalat juga akan menjadi pertanyaan yang utama. Semoga kita dimudahkan untuk bisa menjalan shalat dengan sebaik-baiknya. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
https://poskajian.blogspot.com/2018/12/doa-bacaan-itidal-lengkap-latin-artinya.html

  • Artikel (doa)dari kategori yang sama


    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Doa I'tidal Dalam Shalat
      Komentar(0)