Doa Keluar WC Lengkap Arab Latin dan Artinya

Kategori │doa

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Berdoa itu amat penting. Termasuk ketika kita memasuki yang namanya tempat pembuangan kotoran manusia. Sepanjang rumah yang ada di sekitar kita pada umumya memiliki tempat buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Orang sering menyebutnya dengan WC atau toilet. Sudah jarang sekali untuk saat ini orang yang menggunakan WC umum. Dahulu, sekitar 30 tahunan yang lalu WC atau toilet ini letaknya tidak bergandeng menjadi satu dengan rumah. Akan tetapi, terpisah dari rumah seseorang. Bisa dengan jarak yang dekat atau ada pula yang lumayan jauh. Tetapi kini hal itu sudah tidak mudah untuk ditemui. Artinya WC kini posisinya sudah menjadi satu dengan rumah. Bentuk fisik bangunan toilet ini pun sekarang sudah jauh berbeda dengan di zaman dahulu. Lantai dan dindingnya sudah berkeramik yang mengkilat. Sangat bersih dilihat. Bahkan meski berkeramik tetapi lantainya tidaklah licin sehingga dikhawatirkan akan membuat orang terpeleset. Kalau kita ingat zaman dulu, di dalam toilet atau WC masih ada bau yang sangat tidak sedap. Kini sudah tidak dijumpai bau yang tak sedap itu. Bahkan di dalam WC malah berbau wangi karena diberi kapur barus atau wewangian lainnya.

Ada satu hal yang penting untuk dilakukan dalam hal masalah WC ini. Yakni mengamalkan adab-adab terpenting di kala keluar dari WC atau kamar kecil. Diantara adab yang penting itu ialah membaca doa. Memang dari kita membuka mata di pagi hari alias bangun tidur hingga kita akan tidur lagi di malam hari. Ada banyak sekali ibadah yang mesti dilakukan. Terdapat yang wajib maupun yang disunahkan. Semuanya penting sekali untuk kita perhatikan. Salah satu jenis ibadah itu ialah membaca doa keluar wc secara baik. Kala memasukinya enam kali dalam sehari semalam maka kita pun dianjurkan membacanya sejumlah itu. Tidak bisa dibaca sekali lalu sudah mencukupi selama sehari semalam. Perlu dibaca tiap kali kita keluar dari WC atau toilet. Mengenai lafazh doanya ialah:
Doa Keluar WC Lengkap Arab Latin dan Artinya
Latinnya :
ALHAMDULILLAHIL LADZII ADZHABA 'ANNIL ADZAA WA 'AAFAANII.
Artinya :
Segala puji milik Allah yang telah menghilangkan dariku kotoran/ penyakit dari badanku dan yang telah menyehatkanku.

Doanya tidaklah panjang alias pendek. Sangatlah mudah untuk dihafal oleh siapa saja. Kita bisa memahami makna yang terdapat di dalam doa di atas. Selain menghafal lafazhnya. Kita pun hendaknya memahami makna yang ada dalam doa tersebut. Mesti kita tahu artinya. Karena dengan mengetahui arti atau terjemahannya maka saat membacanya nanti akan lebih khusyu. Di dalam doa tersebut kita memuji kebesaran Allah subhanahu wa ta'ala. Kita juga mensyukuri atas nikmat Allah dengan bisa melakukan buang air besar atau buang air kecil dengan lancar tanpa ada kesulitan apa pun. Bisa melakukan hal itu merupakan nikmat kesehatan yang luar biasa besar. Keluarnya kotoran dari dalam tubuh merupakan bentuk dari hilangnya sumber penyakit. Sebab bila kotoran itu tidak bisa keluar dari tubuh maka bisa menjadi sumber munculnya penyakit. Tentu semua orang tidak ada yang menginginkan hal itu. Sangatlah penting yang namanya sehat itu. Maka wajiblah setiap kita untuk mensyukurinya. Yang perlu kita garis bawahi bahwasannya nikmat sehat itu adalah pemberian dari Allah. Semoga doa yang sederhana ini bisa menambah ilmu bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
https://poskajian.blogspot.com/2018/02/doa-keluar-wc-lengkap-arab-arti-latin-keutamaannya.html

  • Artikel (doa)dari kategori yang sama
    Doa I'tidal Dalam Shalat
    Doa I'tidal Dalam Shalat(2020-01-22 07:55)



    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Doa Keluar WC Lengkap Arab Latin dan Artinya
      Komentar(0)