Bacaan Doa Sebelum Tidur Malam Lengkap Arab Latin dan Artinya

Kategori │doa

Membaca doa sebelum tidur merupakan bagian dari adab seorang muslim. Baik anak-anak yang masih usia TK (Taman Kanak-Kanak), SD (Sekolah Dasar) atau MI (Madrasah Ibtidaiyah), SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau MTs (Madrasah Tsanawiyah), SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) atau MA/ K (Madrasah Aliyah/ Kejuruan) hingga Mahasiswa, orang dewasa, dan orang yang sudah lanjut usia. Semuanya dianjurkan untuk mempraktekkan doa tersebut. Mungkin ada yang merasa itu sebuah hal yang sepele. Akan tetapi, setelah kita mau mempelajarinya dengan baik, maka kita akan mendapati hal yang luar biasa dan besar dibalik doa yang diajarkan Rasulullah Saw. Tidur salah satu aktivitas rutin harian setiap manusia. Tidak ada satupun manusia yang tak mengalaminya dalam sehari semalam atau 24 (dua puluh empat jam). Tidur adalah cara istirahat secara alami dari tubuh ini. Setelah seseorang isitrahat maka tubuhnya akan kembali segar untuk bisa melakukan aktivitas rutin lainnya. Kita sebagai umat Islam memaknai tidur bukan hanya sebuah kebiasaan saja. Namun ada hal yang amat penting. Bagaimana tidak ? Setiap gerak kita diharapkan selalu bernilai ibadah kepada Allah Swt. Termasuk juga tidur kita. Harus dijadikan sarana ibadah kepada Allah Swt. Maka untuk memulainya kita mesti membaca doa. Berikut doanya :

Bacaan Doa Sebelum Tidur Malam Lengkap Arab Latin dan Artinya


ALLAAHUMMA QINII ‘ADZAABAKA YAUMA TAB’ATSU ‘IBAADAKA
Artinya :

“Ya Allah, lind
ungilah diriku dari siksaan-Mu pada hari ketika Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu.”

Nah, silakan teman-teman mengamalkan doa sebelum tidur tersebut. Jangan lupa untuk mengajarkan kepada adik atau teman-teman lainnya. Dalam setiap doa ada ridha Allah Swt. Semoga bermanfaat selalu.





  • Siapa Saja Mahram dari Kita

    Kategori │kajian

    Siapa Saja Mahram dari Kita

    Membahas tentang masalah mahram memang sesuatu yang penting. Terutama sekali mereka yang sudah menginjak usia remaja dan hendak memasuki usia pernikahan. Mengapa demikian? Seseorang yang hendak menikah ia mesti tahu siapa saja orang yang boleh dinikahi dan yang tidak boleh untuk dinikahi. Nah, untuk orang-orang yang haram (tidak boleh) dinikahi ini disebut mahram. Ada yang tidak boleh dinikahi selamanya. Namun, ada pula yang diharamkan dinikahi pada kondisi tertentu saja. Bila kondisi ini hilang, maka status larangannya berubah. Hal ini merupakan bentuk kepatuhan kita terhadap perintah Allah Swt. dan juga Rasulullah Saw. Dalam pernikahan tentu kita menginginkan kebahagiaan. Sedang, Allah Swt. yang memiliki kebahagiaan itu. Nah, wanita yang termasuk mahram yakni :
    1. karena hubungan nasab:
    - Ibu, nenek, buyut perempuan dan seterusnya ke atas.
    - Anak perempuan, cucu perempuan, dan seterusnya ke bawah.
    - Saudara perempuan, baik saudari kandung, sebapak, atau seibu.
    - Bibi dari jalur bapak.
    - Bibi dari jalur ibu.
    - Keponakan perempuan dari saudara perempuan dan keturunannya ke bawah.
    - Keponakan perempuan dari saudara laki-laki dan keturunannya ke bawah.

    2. Karena sepersusuan :
    - Wanita yang menyusui dan ibunya.
    - Anak perempuan dari wanita yang menyusui (saudara persusuan).
    - Saudara perempuan dari wanita yang menyusui (bibi persusuan).
    - Anak perempuan dari anak perempuan dari wanita yang menysusui (anak dari saudara persusuan).
    - Ibu dari suami dari wanita yang menyusui.
    - Saudara perempuan dari suami dari wanita yang menyusui.
    - Anak perempuan dari anak laki-laki dari wanita yang menyusui (anak dari saudara persusuan).
    - Anak perempuan dari suami dari wanita yang menyusui.
    - Istri lain dari suami dari wanita yang menyusui.

    3. karena hubungan pernikahan :
    - Mahram karena pernikahan.
    - Istri bapak (ibu tiri), istri kakek dan seterusnya ke atas.
    - Istri anak (menantu), istri cucu dan seterusnya ke bawah.
    - Anak perempuan istri dari suami lain (anak tiri).
    - Ibu mertua, ibunya (nenek) dan seterusnya ke atas.
    - Cucu perempuan istri baik dari keturunan rabibah maupun dari keturunan rabib (anak lelaki istri dari suami lain).

    Semoga artikel tersebut bermanfaat dan meningkatkan khazanah keilmuan kita.
    https://poskajian.blogspot.com/2018/02/siapa-saja-mahram-saya.html



  • Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Latin dan Artinya

    Kategori │doa

    Hampir setiap orang di zaman ini telah mengenyam dunia pendidikan. Dari anak-anak yang usia tiga tahun saja sudah masuk ke penitipan anak. Di sana bukan sekedar penitipan, tetapi sudah diajari kebiasaan hidup yang baik. Setidaknya, belajar cara makan, cara minum, hingga buang air kecil dan besar di toilet atau WC. Setelah menginjak usia TK dan SD (Sekolah Dasar) atau MI (Madrasah Ibtidaiyah), mulailah anak itu diajari cara membaca doa dalam aktivitas sehari-hari, membaca Al Quran, bagaimana akhlak yang baik terhadap orang tua, guru, dan siapa saja. Tahap pendidikan selanjutnya di tingkat SMP atau MTs (Madrasah Tsanawiyah) yang tentunya bahan pelajarannya lebih banyak lagi. Semisal sampai pada ilmu fiqih, sejarah Islam, al Quran dan Hadits. Pada tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas)/ SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)/ MA (Madrasah Aliyah) bahan pelajarannya semakin banyak dan kompleks. Ini baru ilmu pendidikan agama Islam. Selanjutnya, pendidikan di perguruan tinggi. Belum ilmu yang lainnya. Misalnya sains, bahasa, dan ketrampilan-ketrampilan yang kalau dirinci banyak sekali. Ini baru pendidikan yang dilakukan di jenjang formal. Masih banyak media pendidikan yang di luar dari tingkatan tadi. Misalnya saja ada TPA atau TPQ (Taman Pendidikan al Quran) yang jumlahnya tak terhitung di seluruh nusantara. Pendidikan memang tak hanya disebut sebagai atau identik dengan sekolah. Demikian pula dengan belajar. Aktivitas yang satu ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ada sebuah adab yang terpenting untuk setiap kita mulai belajar. Tidak lain hal itu adalah berdoa terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan supaya ilmu yang kita peroleh mendapat keberkahan dari Allah Swt. Ilmunya pun menjadi bermanfaat di dunia dan akhirat kelak. Nah, lafaz doa sebelum belajar itu adalah antara lain sebagai berikut :

    Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Latin dan Artinya


    ALLAAHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH'ALAINAA BIMA'RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL- LIKA YA ARHAMAR RAAHIMIIN

    Artinya:
    "Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang."


    Doa tersebut termasuk pendek dan mudah sekali dihafal. Semoga memberi manfaat untuk para pembaca.