Perbedaan Hadas dan Najis Serta Cara Mensucikannya

Kategori │kajian

Perbedaan Hadas dan Najis

Perbedaan hadas dan najis menurut salaf. Para ulama salaf dan khalaf selalu menerangkan tentang thaharah atau bersuci dalam tiap kajian mereka. Bahkan dalam banyak kitab fiqh, bab thaharah selalu diletakkan di paling awal. Hal ini menandakan bahwa masalah tersebut sangat penting. Maklumlah, karena ibadah yang utama seperti shalat mensyaratkan seseorang itu haris bersih dari najis maupun hadas.

Kemudian timbullah satu pertanyaan tentang perbedaan hadas dan najis. Di dalam buku pelajaran anak sekolah sudah sering dibahas mengenai pengertianya masing-masing. Sekaligus juga tentang bagaimana cara mensucikannya juga telah dirinci sampai detail. Meskipun demikian, masih ada bahkan banyak yang bingung kalau disuruh menyebutkan perbedaan hadas dan najis. Sedikit membantu untuk mereka yang membutuhkan pengetahuan agama Islam, khususnya tentang masalah hadas dan najis ini, berikut perbedaan pokoknya :
1. Secara bendanya atau keterlihatan oleh mata manusia.
Hadas = tidak terlihat
Najis = terlihat

2. Cara membersihkannya.
Hadas = mandi besar dan tayamum (bila tak ada air)
Najis = membersihkan hingga hilang zatnya (rasa, bau, warnanya)

3. Tentang membatalkan wudhu
Hadas = adanya membatalkan wudhu
Najis = adanya tidak membatalkan wudhu.

Nah, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi penambah wawasan Ke-Islaman kita.
https://poskajian.blogspot.com/2018/06/perbedaan-hadas-dan-najis-dan-cara-mensucikannya.html




  • Doa dan Ucapan untuk Pengantin Baru Lengkap Arab dan Latinnya

    Kategori │doa

    Doa dan ucapan untuk pengantin baru lengkap arab latinnya agar mereka berbahagia. Menikah merupakan sunah. Tak hanya sebuah ikatan untuk menjalin cinta kasih antar dua sesama manusia yang berbeda latar belakang. Menikah adalah bagian ibadah kepada Allah Swt. Bagi yang sudah menikah, berbahagialah dengan telah melaksanakan satu amalan mulia dalam agama Islam. Untuk yang belum, semoga dimudahkan bisa segera menikah. Sebelumnya tidak boleh melakukan apa-apa, namun bila telah menikah, dua orang insan ini bebas melakukan sesuatu yang sebelumnya diharamkan.

    Kita sebagai bagian dari masyarakat seringkali mendapat undangan untuk menghadiri acara pernikahan. Bahkan kalau di bulan-bulan tertentu, misalnya bulan syawal, sehari bisa lima undangan. Ada rasa gembira tatkala mendengar teman, kerabat, saudara, rekan kerja, dan tetangga akan melaksanakan pernikahan. Terkadang, sering kita jumpai mereka yang datang pada acara walimahan atau resepsi pernikahan hanya datang, memberi sumbangan, mengucapkan selamat kepada kedua mempelai, dan makan hidangan yang disajikan, lantas pulang. Ada satu yang ketinggalan. Apa itu? Doa sesuai yang dicontohkan Rasulullah Saw. Seuntai doa pendek kita turut panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Pemurah. Doa itu yakni :

    Doa dan Ucapan untuk Pengantin Baru Lengkap


    BAAROKALLOOHU LAKA WA BAAROKA 'ALAIKA WA JAMA'A BAINAKUMAA FIII KHOIR

    Artinya :
    ” Semoga Allah memberi keberkahan kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua dalam kebaikan.”

    Banyak makna mulia yang terkandung dalam doa tersebut. Diantaranya ialah semoga Allah memberikan berkah (yang bermanfaat) untukmu”, baik berkah itu dalam urusan dunia maupun akhirat, baik berkah itu disaat rumah tanggamu sedang harmonis atau tidak, baik berkah itu pada rizki dan nafkah yang kau berikan kepada istri atau pada yang lainnya, baik berkah itu dari istrimu atau dari yang lain, baik berkah itu dalam hakmu atau kewajibanmu. Kemudian, semoga Allah Swt. mengumpulkan kalian berdua (suami dan istri) dalam kebaikan. Menikah tidak hanya mengumpulkan dua orang, laki-laki atau perempuan. Namun lebih dari itu, dua keluarga dari pihak suami maupun istri pun turut disatukan untuk mewujudkan kekalnya kebahagiaan. Jadi, banyak sekali hikmah dalam suatu pernikahan. Doa yang kita ucapkan sangatlah penting dan berarti kepada kedua mempelai. Sehingga diharapkan kita tak melupakannya. Semoga artikel ini bermanfaat kepada semuanya. Doa untuk pengantin baru ini insya Allah, bisa menjadi tambahan amal sholeh kita. Amiin.