Inilah 5 Nabi dan Rasul yang Bergelar Ulul Azmi

Kategori │kajian

Diantara para nabi dan rasul ada yang memiliki keteguhan yang luar biasa. Kesabarannya tak tertandingi. Sungguh mereka adalah manusia yang mulia di muka bumi. Sebagaimana Surat Al Ahqal ayat 35 berikut:

 Surat Al Ahqal ayat 35

Artinya :
"Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari Rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (inilah) suatu pelajaran yang cukup, Maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik."

Adapun para rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi ada lima rasul sebagai berikut.

(1) Nabi Nuh a.s.
(2) Nabi Ibrahim a.s.
(3) Nabi Musa a.s.
(4) Nabi Isa a.s.
(5) Nabi Muhammad saw.

Setiap nabi dan Rasul yang bergelar Ulul Azmi memiliki kisah hidup utama yang dapat dijadikan teladan bagi setiap muslim. Misal, kegigihan Nabi Nuh a.s. yang berdakwah kepada kaumnya, ketegaran Nabi Ibrahim a.s. saat mendapat perintah Allah Swt., Keteguhan Nabi Musa a.s. yang memimpin Bani Israel, Kelembutan Nabi Isa a.s., dan teladan agung Rasulullah Muhammad saw. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya.




  • Doa Masuk Rumah Lengkap Mudah Dipraktekkan

    Kategori │doa

    Berdoa saat masuk rumah sangat berarti bagi amalan harian kita. Berapa kali kita masuk ke rumah? Dan berapa pula kita membaca doanya? Tidaklah sulit menghafalnya memang. Hanya saja terkadang sering lupa dan lalai. Itulah yang namanya manusia. Maka memperbanyak istighfar atau mohon ampun kepada Allah Swt. selayaknya sering dilakukan. Saya sendiri mengingatkan adik dan anak-anak untuk tak tak lupa berdoa.Pembiasaan sedari usia dini sangat berpengaruh dan lebih kuat dalam ingatannya. Wajar saja kini bermunculan lembaga pendidikan Islam yang berkonsentrasi penuh pembentukan akhlak sejak kecil.

    Rumah menjadi tempat tinggal kita. Di situlah kita berteduh, melepas lelah, berkumpul bersama keluarga tercinta. Hari-hari kita banyak dihabiskan di rumah kita. Meski rumah kita hanya sederhana dan tak mewah, tetap saja rasa nyaman ya berada di dalamnya. Boleh dikatakan bahwa itulah pusat aktivitas setiap insan di dunia ini. Oleh karena itu, sangat penting bila kita berdoa sebelum memasuki rumah. Tidak lupa kita melangkahkan kaki kanan dahulu sebelum kaki kiri.

    Kita pun disuruh untuk mengucapkan salam. Bunyinya : "Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh." Bagaimana kalo di dalam rumah tidak ada orangnya, karena bepergian atau bekerja misalnya? Jawabnya tetap saja kita mengucapkannya. Untuk menambah kesempurnaan dari adab-adab tadi, ada yang harus kita kerjakan yakni berdoa saat masuk rumah. Menurut ulama Ibnul Qoyim al Jauzi, berdoa itu bermanfaat untuk apa-apa yang belum terjadi dan hal yang sudah terjadi. Lafaz kalimah indah dalam doa akan menambah keridhaan Allah Swt. Merugi sekali bila kita melupakan doa masuk rumah ini. Lafaz dari doa tersebut yakni :

    Doa Masuk Rumah Lengkap



    Bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa

    Yang artinya :
    " Dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal"

    Doa tersebut tidaklah panjang sehingga mudah sekali untuk dihafalkan. Apabila masih sulit menghafalkannya maka bisa dengan membaca teks doa tersebut tatkala masuk rumah. Lama kelamaan tanpa kita sadari akan hafal dengan sendirinya. Teks doa bisa kita tempel di pintu atau di atasnya misalnya kalau kita merasa kurang praktis bila harus membuka buku kumpulan doa setiap masuk rumah. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk semua pembaca.
    http://poskajian.blogspot.com/2018/02/doa-masuk-rumah-lengkap-arab-arti-keutamaan.html