Lafaz Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin Artinya serta Keutamaannya

Kategori │doa

Kaum muslimin sudah sangat akrab sekali dengan lantunan adzan. Satu hal yang penting juga ialah doa setelah adzan yang lengkap dengan arab latin serta artinya. Setiap hari kita mendengarnya. Tiap masjid mengumandangkan sehingga suaranya menggugah jiwa dan hati kita. Adzan merupakan panggilan Allah Swt. Dengannya kita kaum mukminin dipanggil untuk mendatangi masjidnya. Untuk segera melaksanakan shalat wajib berjamaah. Terutama kalangan laki-laki. Keberkahan akan didapatkan bagi mereka yang rajin shalat wajib secara berjamaah. Di bulan ramadhan memang adzan maghrib ini menjadi pertanda telah bolehnya berbuka puasa. Banyak anak-anak yang datang ke masjid untuk mengaji al Quran dan juga makan buka bersama. Istilah terkenalnya menikmati makanan takjil. Sedangkan untuk adzan subuh dijadikan patokkan sudah dilarangnya makan atau minum. Sebab waktu itu sudah awal mulai kita menjalankan puasa dalam sehari itu.
Tidak sekadar mendengar adzan saja, kita juga mesti tahu bagaimana lafaz adzan itu yang lengkap. Silakan disimak berikut ini.
lafaz adzan
Latinnya : ALLAAHU AKBAR (4 x)
Artinya : Allah Maha Besar
Latinnya : ASYHADU ALLAA ILLAAHA ILLALLAAH (2 x)
Artinya : Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah
Latinnya : ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAH (2 x)
Artinya : Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah
Latinnya : HAYYA 'ALASHSHALAAH (2 x)
Artinya : Marilah mengerjakan shalat
Latinnya : HAYYA 'ALAL FALAAH (2 x)
Artinya : Marilah menuju kepada kemenangan
Latinnya : ALLAAHU AKBAR (2 x)
Artinya : Allah Maha Besar
Latinnya : LAA ILAAHA ILLALLAAH (1 x)
Artinya : Tiada Tuhan selain Allah

Bagi seorang muadzin , lafaz di atas sudah tidak menjadi masalah lagi. Artinya ia sudah amat menguasai. Baik pada teks arabnya maupun arti bahasanya. Orang yang mengumandangkan adzan pun memiliki keutamaan tersendiri. Diantaranya ia akan memiliki leher yang panjang di hari akhirat kelak, mendapatkan ampunan dosa, makhluk jin, hewan, manusia akan menjadi saksi baginya, dan memperoleh pahala yang besar. Setelah mengumandangkan adzan maka seorang muadzin hendaknya membaca doa seperti berikut ini :
Doa Setelah Adzan Lengkap

Latinnya :
ALLAAHUMMA RABBA HADZIHID DA'WATIT TAAMMAH WASH SHALAATIL QAA-IMAH, AATI MUHAMMADANIL WASIILATA WAL FADHIILAH, WAB'ATSHU MAQAAMAM MAHMUUDANILLLADZII WA 'ADTAH
Artinya :
" Ya Allah, Rabb pemilik seruan yang sempurna ini, shalat (wajib) yang didirikkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqam (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan."

Bacaan doa tersebut tidak hanya dibaca oleh orang melakukan adzan saja. Kita yang mendengar adzan hendaknya juga menjawab adzan, membaca shalawat , dan membaca doa setelah adzan seperti di atas. Hadits Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh imam Muslim :
“Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim).

Dari sini jelas sekali perintahnya. Sekaligus juga amat jelas keutamaannya yakni kita akan mendapatkan syafaat di hari kiamat nanti. Semua orang yang beriman tentu ingin sekali memperolehnya. Nah, kemudian cara menjawab adzan adalah ya dengan bacaan adzan itu sendiri. Hanya saja bila pada kalimat HAYYA 'ALASHSHALAAH (2 x) dan HAYYA 'ALALFALAAH (2 x) dijawab dengan LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH (masing-masing 2 x) yang artinya "Tiada daya dan kekuatan melainkan atas kehendak Allah Swt.". Nah, mudah sekali bukan? Teman-teman akan banyak mendapat pahala dari amalan sederhana ini. Bila mana sekarang masih belu hafal dengan doa setelah atau mendengar adzan di atas, maka mulai hari ini bisa menghafalkannya. Caranya cukup mudah. Tinggal setiap mendengar adzan kita baca teks doanya. Lama-kelamaan insya Allah akan hafal dengan sendirinya. Bisa pula dengan cara mendengarkan lewat mp3. Kita pun juga boleh merekam bacaan doa kita dan memutarnya kembali.




  • Doa Berlindung Dari Fitnah Dajjal Lengkap Arab Latin dan Artinya

    Kategori │doa

    Setiap saat shalat sebelum salam kita membaca doa berlindung dari fitnah dajjal. Tepatnya setelah membaca shalawat di tahiyat akhir. Dalam rangka untuk lebih mudah menghafalkan dan juga memahami maka perlu pula mengetahui secara lengkap arab latin dan artinya. Tak hanya itu saja, penting juga untuk tahu keutamaan dari membacanya. Seperti apa bacaannya.
    Doa Berlindung Dari Fitnah Dajjal
    Latinnya : ALLAHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MIN ‘ADZAABI JAHANNAMA, WAMIN ADZAABIL QABRI, WAMIN FITNATIL MAHYA WAL MAMAATI, WA MIN SYARRI FITNATIL MASIIHID DAJJAL.
    Artinya :
    " Ya Allah aku berlindung kepada Engkau dari azab Jahannam, siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari keburukan fitnah Al-Masih Dajjal."

    Dalam doa tersebut sebetulnya tidak hanya mengenai masalah fitnah dajjal. Tetapi, yang dimaksud dengan fitnah dajjal itu apa? Barangkali hal ini masih menjadi pertanyaan yang sering kita dengar di sekitar kita. Fitnah dajjal ialah segala keadaan yang menyelisihi dari kebenaran. Dajjal di akhir zaman nanti saat keluar akan membawa ujian besar bagi manusia. Makhluk ini memiliki kemampuan yang luar biasa. Dia datang ke sebuah tempat bila penduduk itu menolak dajjal maka daerah tersebut menjadi kering kerontang. Namun, jika penduduk wilayah itu menjadi pengikut dajjal maka daerah tersebut menjadi subur makmur. Menghadapi hal demikian tentu saja sangat berat bagi orang yang imannya rendah atau lemah. Namun demikian, siapa saja mukmin tidak boleh menemui sang dajjal tersebut. Meskipun ia merasa kuat imannya. Diperintahkan untuk menghindar jauh darinya.
    Ada dua tempat atau kota yang tidak akan bisa dimasuki oleh dajjal. Keduanya ialah Madinah dan Makkah.
    Dalam doa tersebut sebetulnya tidak hanya mengenai masalah fitnah dajjal. Namun, di dalamnya ada permohonan kepada Allah Swt. untuk berlindung dari siksa api neraka Jahannam, siksa kubur serta fitnah kehidupan dan kematian. Kesemuanya penting untuk kita mohonkan perlindungan.
    https://poskajian.blogspot.com/2018/11/doa-berlindung-dari-fitnah-dajjal.html



  • Doa Bacaan Ruku dan Sujud Lengkap Latin dan Artinya

    Kategori │doa

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Hari ini sedang mendung kayaknya teman-teman. Mungkin ini pertanda akan datang hujan. Kebetulan kalau hari libur dipakai dengan berbagai acara ke luar rumah. Disebabkan cuaca seperti itu maka sebaiknya berdiam diri saja sambil membaca hal-hal yang bermanfaat. Seperti halnya mempelajari doa bacaan ruku dan sujud dalam shalat. Kita semua tentu sudah rutin melaksanakan kewajiban ini. Tidak hanya shalat yang wajib, bahkan banyak sekali kesempatan supaya bisa melaksanakan ibadah shalat sunah ini. Misalnya sebelum kita duduk di dalam masjid kita shalat tahiyatul masjid, shalat sunah sebelum shalat subuh, shalat sebelum shalat dhuhur, shalat idul fitri, shalat idul adha, shalat tahajud, dan sebagainya. Penting sekali untuk kita mempelajari bacaan tersebut.

    BACAAN RUKU' PERTAMA
    Doa bacaan ruku
    Latinnya : SUBHAANA RABBIYAL ‘AZHIIM
    Artinya :
    “Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung”.
    Dibaca tiga kali. Bersumber dari hadits riwayat Imam Ahmad.

    atau
    BACAAN RUKU' KEDUA
    Doa bacaan ruku
    Latinnya : SUBHAANA RABBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH.
    Artinya :
    "Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan pujian untuk-Nya"
    Dibaca sampai tiga kali. Sumbernya hadis riwayat Abu Dawud.

    BACAAN RUKU' KETIGA
    Doa bacaan ruku
    Latinnya : SUBHAANAKALLAHUMMA RABBANAA WABIHAMDIKA ALLAHUMMAGH FIRLII.
    Artinya :
    " Maha Suci Engkau, ya Allah! Tuhanku, dan dengan pujiMu. Ya Allah! Ampunilah dosaku."
    Dibaca satu kali. Bacaan ini juga bisa dipakai untuk doa saat sujud.

    BACAAN RUKU' KEEMPAT
    Doa bacaan ruku
    Latinnya : SUBBUUHUN QUDDUUS, RABBUL MALAA-IKATI WAR RUUH.
    Artinya:
    “Mahasuci, Maha Qudus, Rabbnya para malaikat dan ruh -yaitu Jibril-.”

    BACAAN RUKU' YANG KELIMA
    Doa bacaan ruku
    Latinnya : SUBHAANADZIL JABARUUTI WAL MALAKUUTI WAL KIB-RIYAA-I WAL ‘AZHAMAH.
    Artinya:
    "Maha Suci (Allah) Yang memiliki Keperkasaan, Kerajaan, Kebesaran dan Keagungan"

    Kita memilih saja salah satu dari bacaan di atas. Kemudian untuk bacaan sujud adalah
    BACAAN SUJUD YANG PERTAMA
    Doa bacaan sujud
    Latinnya : SUBHAANA ROBBIYAL A’LA.
    Artinya : "Maha Suci Tuhanku, Yang Maha Tinggi". Dibaca tiga kali.

    BACAAN SUJUD YANG KEDUA
    Doa bacaan sujud
    Latinnya : SUBHAANA RABBIYAL ‘A'LA WA BIHAMDIH.
    Artinya :
    "Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan pujian untuk-Nya"

    BACAAN SUJUD YANG KETIGA
    Doa bacaan sujud
    Latinnya : ALLAHUMMAGHFIRLII DZANBII KULLAHU DIQQAHU WAJILLAHU WA AWWALAHU WA AAKHIRAHU WA ‘ALAA NIYYATUHU WA SIRRAHU.
    Artinya:
    "Ya Allah, ampunilah seluruh dosaku yang kecil dan besar, yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan dengan terang-terangan dan yang tersembunyi."

    BACAAN SUJUD YANG KEEMPAT, KELIMA, dan KEENAM
    sama dengan bacaan ruku yang ketiga, keempat dan kelima.

    Nah, itulah beberapa macam bacaan sujud dan ruku dalam shalat. Dengan dilengkapi latin dan artinya, insya Allah akan memudahkan para pembaca. Kita akan mudah menghafalnya. Tak lupa juga untuk mudah dalam memahami maknanya. Hal tersebut akan menjadikan shalat kita bertambah khusyu. Baiklah, kami berharap semoga bermanfaat untuk semua.





  • Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin Arti dan Manfaatnya

    Kategori │doa

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bertemu kembali dalam kesempatan yang mulia ini, teman-teman. Kita akan membicarakan tentang doa keluar rumah lengkap arab latin arti serta manfaatnya. Rumah menjadi tempat menikmati kebahagiaan bagi seorang muslim. Setiap orang tentunya punyai aktivitas rutin dalam hidupnya. Istilahnya memiliki pekerjaan sebagai profesinya. Ada yang menjadi petani, pedagang, pegawai, buruh pabrik, makelar, pengusaha, pelajar, santri, pejabat, dan sebagainya. Menjadi apa pun dia atau mempunyai profesi apa saja umumnya harus meninggalkan rumahnya. Setidaknya berangkat pagi dan pulangnya saat siang atau sore harinya. Terkecuali hari libur tentunya.
    Sebagai seorang muslim tentu teman-teman tidak melupakan tujuan utama hidup di dunia ini. Iya, tidak lain dan tidak bukan semua aktivitas kehidupan kita untuk mengabdi kepada Allah Swt. Sebab kita hanyalah hamba-Nya. Dengan kata lain, tujuan hidup manusia itu untuk beribadah kepada-Nya. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. di Surat Adz-Dzariyat ayat 56, yang artinya : "dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku ".

    Lantas apa saja ibadah itu? Banyak sekali. Ada shalat, zakat, puasa, haji, menolong orang lemah, menyantuni fakir miskin, dan sebagainya. Kaitannya dalam hal rumah ada amalan ibadah yang amat sederhana. Mudah dilakukan namun manfaatnya begitu besar sekali. Membaca doa keluar rumah misalnya. Tatkala kita hendak kemana gitu, jangan lupa untuk membacanya. Sebaiknya diiringi dengan langkah kaki kiri dahulu saat keluar di pintu rumah. Berpahala yang tidak sedikit dengan lafaz doa yang pendek itu.
    Doa Keluar Rumah Lengkap
    Latinnya :
    BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAHI WALAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAHI
    Artinya :
    " Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakkal kepadaNya, dan tiada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah".

    Dengan membaca doa ini, insya Allah kita akan mendapatkan banyak manfaatnya.
    Pertama, termasuk zikir kepada Allah Swt.
    Kedua, akan dilindungi dari segala gangguan
    Ketiga, akan diberikan kecukupan.

    Nah, mudah sekali kan teman-teman? Yuk, kita praktekkan saat kita di rumah.



  • Doa Mohon Keselamatan Kebaikan Dunia Akhirat Pendek Lengkap

    Kategori │doa

    Assalamualaikum teman-teman. Kali ini kita mau membahas doa selamat bahagia di dunia akhirat dengan lengkap arab latin dan artinya. Setiap orang selalu mendambakan kebaikan dalam hidupnya. Tak terkecuali kita. Segala apa yang diharapkan dapat tercapai. Apalagi mereka orang beriman kepada Allah Swt. dan Rasulullah Saw. Kehidupan yang penuh kenikmatan berupa surga atau al jannah menjadi cita-cita tertinggi. Ridha Allah Swt. merupakan cara untuk dapat meraihnya. Tentu saja persoalan dan keselamatan di dunia ini tetap juga diperhatikan. Karena bagaimana pun, sekarang itu kita tinggal di alam fana ini. Kesenangan hidup tetap boleh dicari. Hanya saja tak diperbolehkan melanggar larangan-Nya.
    Dalam rangka meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat kelak, kita memerlukan usaha yang nyata. Ikhtiar yang tiada henti. Ilmu salah satunya. Banyak hal yang sulit dilakukan karena mungkin saja ilmu kita kurang. Bila memiliki ilmu yang cukup maka kemudahan banyak dijumpai dalam kehidupan. Kegiatan mengaji atau menuntut ilmu amat penting untuk digiatkan. Meskipun ada kelelahan dalam belajar tetap saja pantang menyerah. Biaya yang dikeluarkan pun tidak akan hilang. Nilainya yang habis untuk belajar tidak akan sebanding dengan manfaat yang diperoleh nantinya.
    Selain usaha yang keras, berdoa juga tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Bahkan doa inilah yang sangat penting. Doa lengkapnya sebagai berikut.
    Pertama :
    Doa Mohon Keselamatan Kebaikan Dunia Akhirat 1
    ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BARAKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA RAHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIRATAN BA’DAL MAUTI
    Artinya :
    "Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati dan keampunan sesudah mati."

    Kedua :
    Doa Mohon Keselamatan Kebaikan Dunia Akhirat 2
    RABBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.
    Artinya :
    "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

    Ketiga :
    Doa Mohon Keselamatan Kebaikan Dunia Akhirat 3
    ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKAL 'AFWA WAL 'AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YAA WAL AAKHIRATI
    Artinya:
    "Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat."

    Saya yakin sobat sekalian tidak asing lagi dengan lafaz doa kebaikan dunia akhirat di atas. Di berbagai kesempatan sering diucapkan. Saat upacara di sekolah, pengajian, prosesi pernikahan, penutupan kegiatan pelatihan, dan sebagainya. Bila sobat belum hafal, maka cukup dibaca berkali-kali maka insya Allah mudah untuk hafal. Jika masih belum maka dengan mendengarkan rekaman lafaznya. Bila mana sudah hafal, tinggal memahami makna atau terjemahannya. Baiklah, semoga tulisan doa tersebut memberikan manfaat untuk semua pembaca.
    https://poskajian.blogspot.com/2018/11/doa-mohon-keselamatan-dunia-akhirat.html



  • Doa Sesudah Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

    Kategori │doa

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagaimana kabar sahabat sekalian? Baik kan? Doa sesudah melaksanakan shalat dhuha lengkap dengan arab latin juga artinya sangat membantu para pembaca sekalian. Geliat menghidupkan ibadah sunah ini memang kini ada dimana mana. Berbagai tempat ada. Satu hal yang amat disyukuri tentu saja. Anak-anak di sekolah dasar pun kini sudah berlatih mengerjakannya. Tentu saja hal itu dibimbing oleh gurunya. Pembiasaan yang dimulai dari usia anak-anak akan sangat bagus. Nanti pada tahap usia berikutnya mereka akan lebih mudah untuk menjalankannya.
    Orang tua , keluarga dan masyarakat akan memetik hasil dari pembiasaan ibadah yang dilakukan semenjak usia dini. Di usia SMP, SMA, Kuliah , dan bahkan mereka sudah bekerja serta menikah, tidak akan menemui kesulitan berarti dalam menjalankannya. Apalagi lingkungan kerja maupun masyarakatnya mendukung. Dalam arti ia menemui banyak orang yang mengerjakan shalat dhuha tersebut dalam kehidupan kesehariannya.
    Ketika bertemu dengan orang dan menanyakan apakah ia sering mengerjakan salat sunah ini. Ada banyak yang malah balik bertanya. " Bagaimana cara shalatnya?". "Kapan waktu boleh melaksanakannya?". "Lalu doa shalat dhuha itu bagaimana?". Menanggapi hal itu, baiklah di sini kami tuliskan doa setelah shalat dhuha ini.
    Doa Sesudah Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya
    ALLAHUMMA INNADH DHUHA A DHUHA-UKA, WAL BAHAA A BAHAA UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.
    Artinya :
    “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sulit mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”.
    Meski agak panjang, doa tersebut tidaklah sulit untuk dihafal. Bener lho. Asalkan kita sering membacanya, maka lama-lama akan hafal juga. Atau dengan sering kali mendengar lafaznya. Bisa dengan mencari video atau mp3 nya. Kita pun sebetulnya bisa merekam sendiri dengan smartphone kita.
    Ada pula doa lainnya yang lebih pendek dan bisa dibaca berkali-kali seperti saat kita berdzikir.
    Doa Sesudah Shalat Dhuha Lengkap
    “ALLAHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, IN
    NAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM
    artinya:
    “ Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku,
    sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”
    Dalam sebuah hadits Rasulullah berpesan kepada Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu :
    “Kekasihku –Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam- mewasiatkan tiga hal padaku: berpuasa tiga hari setiap bulannya, melaksanakan sholat dhuha dua raka’at dan sholat witir sebelum tidur.” (Muttafaq ‘alaih).
    Begitu pentingnya shalat dhuha. Rugi bila kita tak menjalankannya. Namun, jangan lupa bila sudah mengerjakannya kita membaca doa shalat dhuha ini.



  • Bacaan Tasyahud Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya

    Kategori │doa

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman kabarnya baik semua kan ? Alhamdulillah. Kali ini kita akan bahas bacaan tasyahud lengkap dengan arab latin juga arti atau terjemahannya yang sahih. Bacaan tasyahud dibaca di tahiyat awal dan akhir. Sebenarnya keduanya sama, antara yang awal maupun akhir. Yang membedakannya adalah bila di tahiyat akhir ada doa khususnya.
    Kaum muslimin wajib mengerjakan shalat lima waktu. Dari subuh, dhuhur, asar, maghrib, dan isya'. Tidak dibolehkan meskipun hanya salah satu saja yang ditinggalkan. Nah, dalam tiap kita mendirikan shalat itu , di dalamnya pasti ada bacaan tasyahud. Shalat wajib dan sunah pun sama. Semua memakani doa tersebut. Maka dari itu, para pembaca muslim sangat penting untuk mengetahuinya. Kesempurnaan ibadah shalat akan menjadikan bertambahnya ridha Allah Swt. kepada kita. Dengan bagusnya kualitas shalat kita maka akan menjadi modal amal shalih yang luar biasa besarnya.
    Lafazh tasyahud pertama :
    Bacaan Tasyahud Pertama

    ATTAHIYYATU LILLAH, WAS SHALAWAATU WAT THAYYIBAAT, ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WA RAHMATULLAHI WA BARAKAATUH. ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA IBAADILLAAHIS SHAALIHIIN. ASY-HADU AL-LAA ILAAHA ILLALLAAH WA ASY-HADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHU WA RASUULUH.
    Artinya :
    "Segala ucapan selamat, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah hamba-Nya dan utusan-Nya".

    Lafazh tasyahud kedua :
    Bacaan Tasyahud Kedua
    ATTAHIYYATUL MUBAARAKAATUS SHALAWAATUT THAYYIBAATU LILLAAH, ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WA RAHMATULLAAHI WA BARAKAATUH. ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA IBAADILLAAHIS SHAALIHIIN. ASY-HADU AL-LAA ILAAHA ILLALLAAH WA ASY-HADU ANNA MUHAMMADAR-RASUULULLAAH
    Artinya :
    " Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan-Nya”.

    Bacaan tasyahud tersebut tidaklah terlalu panjang alias pendek. Mudah sekali untuk dihafal. Sering ditemui ada orang yang tidak hafal bacaan ini. Dengan membaca secara berulang , insya Allah akan bisa hafal dengan sendirinya.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.



  • Doa Agar Terhindar Dari Syirik Besar dan Kecil Lengkap Latin dan Artinya

    Kategori │doa

    Doa agar terhindar dan berlindung dari dosa syirik besar dan kecil lengkap dengan latin dan artinya. Dalam menjalani hidup ini manusia seakan tidak bisa lepas dari dosa. Tiap hari yang dilalui selalu saja ada perbuatan salah. Itulah manusia. Tempatnya salah dan lupa. Namun, ada satu dosa yang amat mengerikan. Hanya mendengarnya saja menjadikan kita takut sekali. Apa itu ? Dosa perbuatan syirik.

    Dosa ini tidak akan diampuni oleh Allah Swt. jika pelakunya tidak bertobat sebelum meninggal dunia. Dalam berbagai kajian disebutkan bahwa inilah yang dimaksud dosa terbesar. Nah, kita kaum muslimin tentu saja ingin sekali dijauhkan dari perbuatan dosa tersebut. Kita mesti mengucapkan doa perlindungan dari syirik. Baik yang jenis syirik besar maupun kecil. Lafaz doanya adalah sebagai berikut :

    Doa Agar Terhindar Dari Syirik Besar dan Kecil Lengkap

    ALLAAHUMMA INNII A'UDZU BIKA AN USYRIKA BIKA WA ANAA A'LAMU WA ASTAGHFIRUKA LIMAA LAA A'LAM.

    Artinya : " Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik (menyekutukan-Mu) sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap kesyirikan yang tidak aku ketahui."

    Doa terhindar dari syirik tersebut amat pendek. Saya yakin para pembaca tidak akan kesulitan dalam menghafalnya. Asalkan sering-sering dibaca , maka menjadi hafal dengan sendirinya. Sesudah sholat wajib dan waktu antara azan dan iqamah, misalnya. Lebih sering dipanjatkan akan semakin bagus. Semoga bermanfaat.

    https://poskajian.blogspot.com/2018/10/doa-berlindung-dari-syirik-lengkap.html



  • Doa Pendek Melunasi Hutang Sepenuh Gunung

    Kategori │doa

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Penting sekali kita mengetahui doa melunasi hutang sepenuh gunung lengkap dengan latin dan artinya. Teman teman mungkin tidak asing lagi dengan kata hutang. Hampir tiap hari kita mungkin mendengarnya. Baik lisan kita yang mengucapkannya atau karena orang lain. Bahkan banyak orang yang kini memiliki hutang. Tentu saja ada yang jumlahnya kecil , sedang , dan bahkan besar. Amat bervariasi nilai dan bentuknya. Bahkan ada yang jumlahnya sampai sebesar sepenuh gunung. Besar sekali. Semuanya tetap hutang. Harus dibayar sampai lunas. Sehingga hidup seseorang tidak terbebani di dunia dan akhirat.
    Kita mesti berdoa kepada Allah Swt. agar kita mudahkan untuk bisa segera melunasi hutang kita itu. Meskipun juga tidak boleh meninggalkan yang namanya ikhtiar. Mestinya kita harus lebih giat bekerja dan berbisnis. Pertolongan Allah Swt. kita harapkan untuk hadir dalam mengatasi masalah hutang ini. Doa yang diajarkan sesuai sunah yaitu :

    Doa Pendek Melunasi Hutang Sepenuh Gunung

    “ALLAHUMAK-FINII BI HALAALIKA AN HARAAMIKA WA AGH-NINIY BI FADHLIKA ‘AMMAN SIWAAK”
    Artinya adalah :
    ".Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu".

    Kita mudah menghafalkan doa melunasi hutang yang pendek tersebut. Frekuensi membacanya lebih banyak akan jauh lebih bagus. Terutama pada waktu yang mustajab seperti setelah shalat tahajud di sepertiga malam , sesudah shalat wajib 5 waktu, dan waktu antara azan dan iqamat. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.



  • Doa Saat Melihat Orang Lain Tertimpa Musibah Bencana

    Kategori │doa

    Doa saat melihat orang lain tertimpa musibah bencana alam lengkap dengan arab latin dan artinya. Di zaman ini kita menemui berbagai bentuk bencana yang bermacam-macam. Ada gempa bumi, tsunami, tanah longsor, gunung meletus , banjir , wabah penyakit, badai dan kemarau panjang. Akibat bencana tersebut timbullah banyak korban jiwa maupun harta benda yang tak terhitung banyaknya. Kita pun kini dengan mudah melihat kejadian tersebut. Bisa melalui jejaring media sosial seperti whatsapp, facebook, line, atau yang lainnya. Melihat televisi dan koran pun juga bisa. Kini di era informasi semua gampang diakses.
    Sebagai seorang muslim, setiap hal meski berdoa. Nah, bagaimana doa tatkala kita melihat sesuatu yang tak disukai ini? Inilah do'anya yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw.

    Doa Saat Melihat Orang Lain Tertimpa Musibah Bencana

    “ALHAMDULILLAHILLADZII ‘AAFAANII MIMMAB TALAAKA BIH, WA FADDHALANII ‘ALA KATSIIRIM MIMMAN KHALAQA TAFDHILAA. “
    Artinya :
    " Segala puji bagi Allah yang telah melindungi aku dari cobaan yang telah menimpamu, dan yang telah memberikan aku anugerah di atas kebanyakan makhluk-Nya yang lain".

    Tatkala melihat orang melakukan dosa, maksiat, dan kezaliman lainnya, kita pun dianjurkan membaca doa itu. Doanya tidaklah panjang sehingga mudah untuk dihafal. Dengan mengucapkan doa tersebut, maka kita akan dijaga oleh Allah Swt. sehingga tidak akan terkena sesuatu musibah atau bencana yang kita saksikan itu. Insya Allah. Hanya saja, jangan membaca doa ini secara keras. Adab seorang muslim, tidak melafazkan doa itu hingga terdengar orang lain. Semoga artikel di atas bermanfaat.
    https://poskajian.blogspot.com/2018/10/doa-melihat-orang-lain-tertimpa-musibah.html