Doa Saat Melihat Orang Lain Tertimpa Musibah Bencana

Kategori │doa

Doa saat melihat orang lain tertimpa musibah bencana alam lengkap dengan arab latin dan artinya. Di zaman ini kita menemui berbagai bentuk bencana yang bermacam-macam. Ada gempa bumi, tsunami, tanah longsor, gunung meletus , banjir , wabah penyakit, badai dan kemarau panjang. Akibat bencana tersebut timbullah banyak korban jiwa maupun harta benda yang tak terhitung banyaknya. Kita pun kini dengan mudah melihat kejadian tersebut. Bisa melalui jejaring media sosial seperti whatsapp, facebook, line, atau yang lainnya. Melihat televisi dan koran pun juga bisa. Kini di era informasi semua gampang diakses.
Sebagai seorang muslim, setiap hal meski berdoa. Nah, bagaimana doa tatkala kita melihat sesuatu yang tak disukai ini? Inilah do'anya yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw.

Doa Saat Melihat Orang Lain Tertimpa Musibah Bencana

“ALHAMDULILLAHILLADZII ‘AAFAANII MIMMAB TALAAKA BIH, WA FADDHALANII ‘ALA KATSIIRIM MIMMAN KHALAQA TAFDHILAA. “
Artinya :
" Segala puji bagi Allah yang telah melindungi aku dari cobaan yang telah menimpamu, dan yang telah memberikan aku anugerah di atas kebanyakan makhluk-Nya yang lain".

Tatkala melihat orang melakukan dosa, maksiat, dan kezaliman lainnya, kita pun dianjurkan membaca doa itu. Doanya tidaklah panjang sehingga mudah untuk dihafal. Dengan mengucapkan doa tersebut, maka kita akan dijaga oleh Allah Swt. sehingga tidak akan terkena sesuatu musibah atau bencana yang kita saksikan itu. Insya Allah. Hanya saja, jangan membaca doa ini secara keras. Adab seorang muslim, tidak melafazkan doa itu hingga terdengar orang lain. Semoga artikel di atas bermanfaat.
http://poskajian.blogspot.com/2018/10/doa-melihat-orang-lain-tertimpa-musibah.html



  • Macam Bacaan Istighfar Setelah Sholat Lengkap Dengan Artinya

    Kategori │doa

    Ada beberapa macam bacaan istighfar setelah sholat lengkap dengan artinya yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. Dalam sebuah riwayat hadits Rasulullah membaca istighfar hingga 100 kali dalam sehari. Bunyi hadis tersebut ialah “Tidaklah aku berada di pagi hari kecuali aku beristigfar kepada Allah sebanyak 100 kali.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dan al-Thabrani). Nabi Saw yang sudah dijamin masuk surga saja banyak istighfar setiap hari. Tentunya, bagi kita sebagai orang biasa mestinya lebih banyak lagi. Karena kita tahu begitu banyak dosa yang telah dilakukan. Manusia pun sering melakukan kesalahan dalam kehidupannya. Maka, memohon ampun atas dosa yang dilakukan merupakan tindakan dan langkah yang paling baik. Doa dan bacaan istighfar antara lain :
    1.
    Bacaan Istighfar Pertama

    RABBIGHFIRLII
    artinya :
    Tuhanku, ampunilah aku


    2.
    Bacaan Istighfar Kudua

    "ALLAAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA"
    artinya :
    ”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau”


    3.
    Bacaan Istighfar Ketiga

    “ASTAGHFIRULLAH.”
    artinya :
    "Aku memohon ampun kepada Allah"

    4.
    Bacaan Istighfar Keempat

    ASTAGHFIRULLAAHA WA ATUUBU ILAIHI
    Artinya :
    “Aku memohon ampunan kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya”.


    5.
    Bacaan Istighfar Kelima

    ASTAGHFIRULLAAHA ALLADZI LAA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI
    Artinya :
    Aku memohon ampun kepada Allah Yang tidak ada Tuhan (Yang berhak disembah) selain Dia Yang Maha Hidup Lagi Maha berdiri sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya”

    Itulah antara lain beberapa bacaan istighfar yang bisa kita amalkan. Semakin banyak kita membacanya maka akan semakin baik untuk kehidupan kita. Ampunan dari dosa akan kita peroleh. Sehingga kebahagiaan bisa kita dapatkan dalam hidup ini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semua.




  • Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Latinnya

    Kategori │doa

    Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya penting untuk diketahui sobat para pembaca semua. Setiap kita kaum muslimin tidak asing lagi dengan berwudhu. Apalagi tatkala hendak mengerjakan ibadah shalat kita mesti berwudhu terlebih dahulu. Hal ini karena wudhu merupakan satu hal dari syarat sahnya shalat seseorang. Baik untuk shalat wajib yang 5 waktu maupun shalat-shalat sunah. Kalau dalam sehari semalan kita melaksanakan 1 wudhu untuk 1 shalat. Maka setidaknya kita melakukannya 5 kali. Dengan melakukan wudhu, jiwa dan raga kita akan menjadi bersih. Orang yang berwudhu hatinya lebih bersih. Sekaligus juga kesehatan tubuhnya lebih terjaga. Wudhu mengajarkan kehidupan yang bersih dan sehat. Belum lagi akan pahala yang diraih dan balasan surga di akhirat kelak. Teman-teman tentu juga pingin tahu juga bacaan yang ada di dalam wudhu. Untuk bacaan doa sebelum wudhu adalah sebagai berikut :

    BISMILLAH
    Artinya :
    "Dengan menyebut nama Allah".

    Selanjutnya, sesudah wudhu kita membaca doa yakni :

    Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya


    ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUUWA RASUULUHUU, ALLAAHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA, WAJ'ALNII MIN 'IBAADIKASH SHAALIHIINA.

    Artinya:
    "Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh"

    Semoga kita bisa selalu meraih ridha Allah Swt. dalam kehidupan ini. Semoga artikel di atas bermanfaat.
    http://poskajian.blogspot.com/2018/03/doa-sebelum-dan-sesudah-wudhu-lengkap-latin-artinya.html




  • Bacaan Doa Sebelum Tidur Malam Lengkap Arab Latin dan Artinya

    Kategori │doa

    Membaca doa sebelum tidur merupakan bagian dari adab seorang muslim. Baik anak-anak yang masih usia TK (Taman Kanak-Kanak), SD (Sekolah Dasar) atau MI (Madrasah Ibtidaiyah), SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau MTs (Madrasah Tsanawiyah), SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) atau MA/ K (Madrasah Aliyah/ Kejuruan) hingga Mahasiswa, orang dewasa, dan orang yang sudah lanjut usia. Semuanya dianjurkan untuk mempraktekkan doa tersebut. Mungkin ada yang merasa itu sebuah hal yang sepele. Akan tetapi, setelah kita mau mempelajarinya dengan baik, maka kita akan mendapati hal yang luar biasa dan besar dibalik doa yang diajarkan Rasulullah Saw. Tidur salah satu aktivitas rutin harian setiap manusia. Tidak ada satupun manusia yang tak mengalaminya dalam sehari semalam atau 24 (dua puluh empat jam). Tidur adalah cara istirahat secara alami dari tubuh ini. Setelah seseorang isitrahat maka tubuhnya akan kembali segar untuk bisa melakukan aktivitas rutin lainnya. Kita sebagai umat Islam memaknai tidur bukan hanya sebuah kebiasaan saja. Namun ada hal yang amat penting. Bagaimana tidak ? Setiap gerak kita diharapkan selalu bernilai ibadah kepada Allah Swt. Termasuk juga tidur kita. Harus dijadikan sarana ibadah kepada Allah Swt. Maka untuk memulainya kita mesti membaca doa. Berikut doanya :

    Bacaan Doa Sebelum Tidur Malam Lengkap Arab Latin dan Artinya


    ALLAAHUMMA QINII ‘ADZAABAKA YAUMA TAB’ATSU ‘IBAADAKA
    Artinya :

    “Ya Allah, lind
    ungilah diriku dari siksaan-Mu pada hari ketika Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu.”

    Nah, silakan teman-teman mengamalkan doa sebelum tidur tersebut. Jangan lupa untuk mengajarkan kepada adik atau teman-teman lainnya. Dalam setiap doa ada ridha Allah Swt. Semoga bermanfaat selalu.





  • Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Latin dan Artinya

    Kategori │doa

    Hampir setiap orang di zaman ini telah mengenyam dunia pendidikan. Dari anak-anak yang usia tiga tahun saja sudah masuk ke penitipan anak. Di sana bukan sekedar penitipan, tetapi sudah diajari kebiasaan hidup yang baik. Setidaknya, belajar cara makan, cara minum, hingga buang air kecil dan besar di toilet atau WC. Setelah menginjak usia TK dan SD (Sekolah Dasar) atau MI (Madrasah Ibtidaiyah), mulailah anak itu diajari cara membaca doa dalam aktivitas sehari-hari, membaca Al Quran, bagaimana akhlak yang baik terhadap orang tua, guru, dan siapa saja. Tahap pendidikan selanjutnya di tingkat SMP atau MTs (Madrasah Tsanawiyah) yang tentunya bahan pelajarannya lebih banyak lagi. Semisal sampai pada ilmu fiqih, sejarah Islam, al Quran dan Hadits. Pada tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas)/ SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)/ MA (Madrasah Aliyah) bahan pelajarannya semakin banyak dan kompleks. Ini baru ilmu pendidikan agama Islam. Selanjutnya, pendidikan di perguruan tinggi. Belum ilmu yang lainnya. Misalnya sains, bahasa, dan ketrampilan-ketrampilan yang kalau dirinci banyak sekali. Ini baru pendidikan yang dilakukan di jenjang formal. Masih banyak media pendidikan yang di luar dari tingkatan tadi. Misalnya saja ada TPA atau TPQ (Taman Pendidikan al Quran) yang jumlahnya tak terhitung di seluruh nusantara. Pendidikan memang tak hanya disebut sebagai atau identik dengan sekolah. Demikian pula dengan belajar. Aktivitas yang satu ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ada sebuah adab yang terpenting untuk setiap kita mulai belajar. Tidak lain hal itu adalah berdoa terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan supaya ilmu yang kita peroleh mendapat keberkahan dari Allah Swt. Ilmunya pun menjadi bermanfaat di dunia dan akhirat kelak. Nah, lafaz doa sebelum belajar itu adalah antara lain sebagai berikut :

    Doa Sebelum Belajar Lengkap Dengan Latin dan Artinya


    ALLAAHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH'ALAINAA BIMA'RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL- LIKA YA ARHAMAR RAAHIMIIN

    Artinya:
    "Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang."


    Doa tersebut termasuk pendek dan mudah sekali dihafal. Semoga memberi manfaat untuk para pembaca.





  • Doa dan Ucapan untuk Pengantin Baru Lengkap Arab dan Latinnya

    Kategori │doa

    Doa dan ucapan untuk pengantin baru lengkap arab latinnya agar mereka berbahagia. Menikah merupakan sunah. Tak hanya sebuah ikatan untuk menjalin cinta kasih antar dua sesama manusia yang berbeda latar belakang. Menikah adalah bagian ibadah kepada Allah Swt. Bagi yang sudah menikah, berbahagialah dengan telah melaksanakan satu amalan mulia dalam agama Islam. Untuk yang belum, semoga dimudahkan bisa segera menikah. Sebelumnya tidak boleh melakukan apa-apa, namun bila telah menikah, dua orang insan ini bebas melakukan sesuatu yang sebelumnya diharamkan.

    Kita sebagai bagian dari masyarakat seringkali mendapat undangan untuk menghadiri acara pernikahan. Bahkan kalau di bulan-bulan tertentu, misalnya bulan syawal, sehari bisa lima undangan. Ada rasa gembira tatkala mendengar teman, kerabat, saudara, rekan kerja, dan tetangga akan melaksanakan pernikahan. Terkadang, sering kita jumpai mereka yang datang pada acara walimahan atau resepsi pernikahan hanya datang, memberi sumbangan, mengucapkan selamat kepada kedua mempelai, dan makan hidangan yang disajikan, lantas pulang. Ada satu yang ketinggalan. Apa itu? Doa sesuai yang dicontohkan Rasulullah Saw. Seuntai doa pendek kita turut panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Pemurah. Doa itu yakni :

    Doa dan Ucapan untuk Pengantin Baru Lengkap


    BAAROKALLOOHU LAKA WA BAAROKA 'ALAIKA WA JAMA'A BAINAKUMAA FIII KHOIR

    Artinya :
    ” Semoga Allah memberi keberkahan kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua dalam kebaikan.”

    Banyak makna mulia yang terkandung dalam doa tersebut. Diantaranya ialah semoga Allah memberikan berkah (yang bermanfaat) untukmu”, baik berkah itu dalam urusan dunia maupun akhirat, baik berkah itu disaat rumah tanggamu sedang harmonis atau tidak, baik berkah itu pada rizki dan nafkah yang kau berikan kepada istri atau pada yang lainnya, baik berkah itu dari istrimu atau dari yang lain, baik berkah itu dalam hakmu atau kewajibanmu. Kemudian, semoga Allah Swt. mengumpulkan kalian berdua (suami dan istri) dalam kebaikan. Menikah tidak hanya mengumpulkan dua orang, laki-laki atau perempuan. Namun lebih dari itu, dua keluarga dari pihak suami maupun istri pun turut disatukan untuk mewujudkan kekalnya kebahagiaan. Jadi, banyak sekali hikmah dalam suatu pernikahan. Doa yang kita ucapkan sangatlah penting dan berarti kepada kedua mempelai. Sehingga diharapkan kita tak melupakannya. Semoga artikel ini bermanfaat kepada semuanya. Doa untuk pengantin baru ini insya Allah, bisa menjadi tambahan amal sholeh kita. Amiin.




  • Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Sering Dibaca

    Kategori │doa

    Doa iftitah hukumnya sunah dalam sholat. Namun begitu, kita tidak boleh menganggap enteng amalan sunah. Kalo kita mengerjakannya kita mendapat tambahan pahala. Akan tetapi jika kita meninggalkannya maka tidak berdosa namun kita rugi. Mengapa? Sebab ada peluang pahala dari perbuatan amal sholeh yang bisa kita raih, namun hilang begitu saja. Kemudian muncul pertanyaan. Bagaimana bacaannya? Teman-teman yang berbahagia. Di sini saya akan berbagi tentang doa iftitah. Bacaan ini dibaca setelah melakukan takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Al Fatihah, hanya pada rakaat pertama saja.

    Doa iftitah yakni :

    Doa Iftitah Dalam Sholat


    Allaahumma baa'id bainii wabaina khathaayaaya kamaa baa'adta bainal-masyriqi wa maghrib. Allaahumma naqinii min khataayaaya kamaa yunaqats tsaubul-abyadhu minad-danas. Allaahumaghsilnii min khathaayaaya bil-maa'i wats-tsalji wal-barad.

    Artinya :
    “Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dan kesalahan- kesalahanku, sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air dan air es”.

    Sedari kecil kita melaksanakan ibadah sholat. Barangkali bila kita kurang lancar membacanya, maka dengan sering membaca lama-lama akan semakin bagus. Hafalan kita pun juga semakin kuat. Apabila kita tidak bisa berbahasa Arab, dengan kita membaca artinya, kita akan tahu maksudnya. Di dalam doa iftitah tersebut, ada sebuah doa agar kita dijauhkan dari kesalahan sebagaimana antara timur dan barat. Dosa kita dibersihkan seperti kain yang putih. Dengan memahami maksudnya, tentu saja memudahkan untuk khusyu tatkala kita shalat. Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi para pembaca dan teman-teman.




  • Doa Masuk Rumah Lengkap Mudah Dipraktekkan

    Kategori │doa

    Berdoa saat masuk rumah sangat berarti bagi amalan harian kita. Berapa kali kita masuk ke rumah? Dan berapa pula kita membaca doanya? Tidaklah sulit menghafalnya memang. Hanya saja terkadang sering lupa dan lalai. Itulah yang namanya manusia. Maka memperbanyak istighfar atau mohon ampun kepada Allah Swt. selayaknya sering dilakukan. Saya sendiri mengingatkan adik dan anak-anak untuk tak tak lupa berdoa.Pembiasaan sedari usia dini sangat berpengaruh dan lebih kuat dalam ingatannya. Wajar saja kini bermunculan lembaga pendidikan Islam yang berkonsentrasi penuh pembentukan akhlak sejak kecil.

    Rumah menjadi tempat tinggal kita. Di situlah kita berteduh, melepas lelah, berkumpul bersama keluarga tercinta. Hari-hari kita banyak dihabiskan di rumah kita. Meski rumah kita hanya sederhana dan tak mewah, tetap saja rasa nyaman ya berada di dalamnya. Boleh dikatakan bahwa itulah pusat aktivitas setiap insan di dunia ini. Oleh karena itu, sangat penting bila kita berdoa sebelum memasuki rumah. Tidak lupa kita melangkahkan kaki kanan dahulu sebelum kaki kiri.

    Kita pun disuruh untuk mengucapkan salam. Bunyinya : "Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh." Bagaimana kalo di dalam rumah tidak ada orangnya, karena bepergian atau bekerja misalnya? Jawabnya tetap saja kita mengucapkannya. Untuk menambah kesempurnaan dari adab-adab tadi, ada yang harus kita kerjakan yakni berdoa saat masuk rumah. Menurut ulama Ibnul Qoyim al Jauzi, berdoa itu bermanfaat untuk apa-apa yang belum terjadi dan hal yang sudah terjadi. Lafaz kalimah indah dalam doa akan menambah keridhaan Allah Swt. Merugi sekali bila kita melupakan doa masuk rumah ini. Lafaz dari doa tersebut yakni :

    Doa Masuk Rumah Lengkap



    Bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa

    Yang artinya :
    " Dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal"

    Doa tersebut tidaklah panjang sehingga mudah sekali untuk dihafalkan. Apabila masih sulit menghafalkannya maka bisa dengan membaca teks doa tersebut tatkala masuk rumah. Lama kelamaan tanpa kita sadari akan hafal dengan sendirinya. Teks doa bisa kita tempel di pintu atau di atasnya misalnya kalau kita merasa kurang praktis bila harus membuka buku kumpulan doa setiap masuk rumah. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk semua pembaca.
    http://poskajian.blogspot.com/2018/02/doa-masuk-rumah-lengkap-arab-arti-keutamaan.html